Senin, 25 Januari 2016

Contoh Teks Eksplanasi "Pusaran Air"




Pusaran Air


Pusaran air adalah suatu air yang berputar seperti menyedot dan membuang air dan benda-benda yang berada di sekitarnya. Pusaran air yang kecil dapat kita lihat saat menguras wastafel. Selain itu, pusaran air kecil biasanya terdapat di dasar air terjun. Tetapi, pada air terjun yang kuat pusaran air ini bisa menjadi sangat kuat. Pusaran air yang paling kuat adalah pusaran air yang terjadi di selat sempit dan dangkal dengan air yang mengalir cepat.
Pusaran air yang terjadi di laut disebabkan oleh tabrakan arus laut yang dapat menciptakan arus pasang surut yang berlawanan.  Air akan berputar berlawanan arah jarum jam di daerah utara khatulistiwa dan berputar searah jarum jam di daerah selatan khatulistiwa. Kemudian, kedua aliran ini akan bertabrakan, lalu akan membelokkan arah alirannya. Setelah itu, akan terjadi pusaran air di laut.
Faktor lain terjadinya pusaran air adalah perbedaan salinitas. Kepadatan air asin yang lebih tinggi, membuat air ini lebih berat dan bergerak lebih dekat ke bawah, mendorong air yang kurang asin ke atas. Jenis gerakan vertikal ini sering terjadi di daerah tropis karena suhu tinggi menyebabkan penguapan air dari permukaan. Garam tidak menguap bersama air, dan tetap di laut, yang menyebabkan naiknya tingkat salinitas pada lapisan atas air. Lapisan ini "tenggelam" dan memberikan jalan untuk perairan kurang asin dibawah untuk naik. Pergerakan vertikal air seperti ini membuat pusaran air raksasa yang diameternya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan kilometer, dan bisa berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Selain itu, salah satu penyebab pusaran air berlangsung dalam waktu yang lama adalah efek dari medan magnet bumi.
Dari penjelasan tersebut, pusaran air merupakan salah satu fenomena alam yang cukup menakutkan. Hal ini disebabkan oleh tampak yang mengerikan dari pusaran air itu sendiri. Selain itu, pusaran air juga dapat menyerap dan membuang benda-benda yang ada di sekitarnya.

 

1 komentar: